Ekspresikan Karya Menjadi Usaha, FAKALE by Fairuz

Bagaimana jika karya yang kalian ciptakan bisa menghasilkan uang?

Industri clothing brand atau produk apparel seperti kaos, tote bag, sepatu dan produk-produk fashion lainnya mulai digemari di indonesia. Mulai bermunculan brand-brand lokal indonesia yang memulai bisnisnya. Berbagai jenis model dan disain yang berbeda ditawarkan. Tapi, tidak hanya brand-brand besar saja yang bisa laku dipasar anak muda. Justru yang unik dan original yang bisa bersaing dengan produk-produk besar.

 

PIC 1

Hal ini yang membuat Fairuz Athoriq, mahasiswa Design Komunikasi Visual, universitas pembangunan jaya membuka peluang bisnisnya di market clothing brand. Pada Agustus 2018, Fairuz resmi membuka Fakale.

 

PIC 3.jpg

emang dari dulu suka gambar, dan karna sempet S1 jurusan Fashion Design di Susan Budihardjo, sayang kalo ilmu nya ga kepake, jadi coba bikin clothing brand yang di disain sendiri” ungkap Fairuz.

Berlatar belakang keluarga dari dunia fashion, Fairuz justru lebih tertarik dengan disain dan ilustrasi baik fisik maupun digital. Tanpa membuang ilmu fashion design yang sudah dipelajarinya selama satu tahun, Fairuz memutuskan untuk membuka peluang usaha dibidang apparel.

Fakale merupakan produk apparel seperti kaos, tote bag dan lain-lain yang di disain langsung oleh Fairuz, dengan gaya disain dan ilustrasi yang original bertema kan pemandangan alam yang menjadi ciri khas nya, hingga pemilihan bahan pakaian, warna serta penyablonan dan pemasaran produk fakale yang di urus langsung oleh fairuz sendiri. Beberapa kali mengikuti pameran dan booth event untuk branding produk, Fakale berfokus pada sosial media Instagram sebagai media pemasaran.

Pada awalnya Fakale hanya sebagai usaha sampingan disela kesibukan Fairuz dalam mengurusi perkuliahan ataupun kerjaan disain, Fakale menjadi tempat bagi Fairuz dalam berkarya dan mengekspresikan apa yang ia senangi. Gaya disain dan ilustrasi yang digemari nya dituangkan kedalam produk-produk apparel yang menjadi ciri khas produk fakale.

PIC 2

“kedepannya sih Fakale akan mengeluarkan lebih banyak model dan produk seperti Kain, Scarf, kerudung dan produk lain yang di disain langsung juga.” ucap Fairuz

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.