Gilang Keromon-Mengubah Daun menjadi Rupiah

Siluet Daun Kering bisa dikatakan salah satu karya yang jarang ditemui saat ini. Gilang Keromon adalah salah satu pembisnis dari siluet daun ini. Usaha online yang baru ia jalankan 2 tahun ini cukup laris di pasaran. Siluet daun ini bisa dijadikan alternatif untuk kalian yang lagi cari kado untuk teman, sahabat atau pacar dan pastinya anti-mainstream. Kok anti mainstream? Jika biasanya orang menggambar atau melukis di kertas, berbeda halnya dengan yang dilakukan Gilang. Ia menggunakan daun sebagai medianya untuk berkarya. Disini kalian bisa request dengan mengirimkan foto dengan harga yang relatif terjangkau. Untuk info atau pemesanan bisa di cek instagramnya @gilangkeromon.

IMG_20181107_082816

Ide dari pembuatan siluet daun kering ini berawal dari kegelisahannya melihat banyak daun di taman dekat rumahnya yang saat gugur hanya dikumpulkan lalu dibakar, dari situ Gilang mulai terpikir untuk memanfaatkan limbah sampah daun sebagai pengganti kertas.  Untuk pemilihan daun, Gilang memilih daun ketapang karna memiliki tekstur rangka batang yang kuat dan tahan lama. Daun yang dipilih juga adalah yang setengah melengkung. Sebelum bisnisnya turun pasar, ia melakukan eksperimen terlebih dahulu untuk mengecek ketahanan daun tersebut. Pengerjaan untuk satu daun bisa satu harian atau mungkin lebih tergantung berapa kepala yang akan sketsa pada daun tersebut. Melakukan sketsa pada daun bisa dikatakan cukup sulit karna memang butuh ketelitian dalam menggambar dan memotong (cut) daunnya. Sistem dalam pengerjaan siluet daun ini adalah “zero mistake” artinya tidak boleh ada kesalahan walau sedikitpun. Gilang mengatakan jika ada salah dalam pembuatan cutting daun maka prosesnya akan mulai dari awal. Hobinya yang memang dari kecil suka menggambar, membuat Gilang menjadi terbiasa untuk membuat sketsa sehingga jarang sekali pembeli yang meminta revisi dari hasilnya.

Gilang menjelaskan bahwa awalnya bisnis Siluet Daun Kering dimulai dari mulut ke mulut hingga mulai merambah ke Media Sosial karna cangkupan yang luas dibanding dengan membuka toko karna memang ini bukan barang yang ready stock. Terbukti hingga saat ini usahanya bukan hanya di order oleh orang Indonesia, tapi juga sudah dikirim ke India, Singapura, Jepang, Belanda dan Algeria.

IMG_9953

Gimana uda ga bingung lagi kan cari hadiah yang anti-mainstream ?

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.