Jualan Yuk!

9069921720443

Siapa sih yang tidak mau punya penghasilan sendiri saat masih muda? Perkembangan internet sekarang mempermudah siapa pun menjadi pengusaha dengan modal yang irit. Begitu pun dengan Safira yang sudah menjadi enterpreneur sejak usianya 16 tahun.

Bentuk dan dekorasi kue ulang tahun yang itu-itu saja memotivasi Safira Silvylia Rahman untuk membuat toko online yang melayani pembuatan kue dengan sistem by request. “ Karena mikir dulu tuh kue standar banget modelnya. Sedangkan kita suka mau ngasih yang spesial untuk orang yang ulang tahun”, ungkap Safira. “Aku ngeliat behavior konsumen saat itu juga lagi pengen punya yang sesuai dengan selera mereka. Jadi kepikiran untuk memenuhi kebutuhan itu dengan buat usaha kue yang bisa dibikin sesuai request”, tambahnya.

Safira ini mahasiswi jurusan advertising di Universitas Al-Azhar Indonesia. Sejak dulu ia memang sudah memiliki jiwa bisnis, karena ayahnya yang juga seorang pebisnis. Ia senang berjualan, hanya saja saat itu belum berani untuk membuat produk dagangannya sendiri dan masih dibantu oleh sang ibu.

“Dari dulu emang selalu suka jualan. Cuma belum berani buat pake tangan sendiri. Selalu mamahku yang buat, karena aku gak ada waktu juga”.

Sang ibu juga lah yang menjadi alasan dibangunnya toko online dengan nama @buthelia di instagram. Bermula dari sang ibu yang hobi membuat kue, akhirnya Safira pun belajar. Sedangkan untuk dekorasi kuenya, ia belajar secara otodidak dan melihat melalui youtube.

Sudah berbagai macam desain kue dibuat. Mulai dari karakter di film Marvel, Star Wars, Disney, Little Pony dan bentuk-bentuk unik lainnya. “Kalo ada acara-acara bridal shower itu bentuknya aneh-aneh”, tutur Safira.

Selain karena passion, yang membuat Safira berani membuka toko online juga karena ingin memenuhi kebutuhannya sendiri, dan ingin mempunyai usaha jangka panjang.

Over all sih aku bisa nutupin kebutuhan pribadi aku sendiri. Aku udah jarang banget minta uang sama orang tua”.

Menurut data yang ada, jumlah pengusaha di Indonesia masih tergolong rendah dibandingkan dengan Malaysia, Thailand dan Singapore (wartaekonomi.co.id). Nah untuk kalian yang mau jadi enterprenur muda, jangan takut untuk memulai dan jika sudah memulai kalian harus konsisten. Saran saya, untuk menambah bekal diawal kalian bisa ikuti seminar atau join ke komunitas. Nah ada saran nih dari Safira untuk kalian yang mau memulai usaha:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.