Mau jualan? Jual online aja.

IMG-20181223-WA0003

Pedagang online adalah pedagang yang memakai kegiatan bisnisnya dilakukan diduni maya dengan bantuan inter net. Menjalankan bisnis online memerlukan media online sebagai wahana berbisnis. Bisnis online memiliki konsep yang sama dengan bisnis offline. Karena tetap harus ada barang ataupun jasa yang nanti akan diperjual belikan, hanya saja dalam bisnis online berbagai kegiatan konvensional mulai digantikan dengan media online, seperti dalam hal pemasaran dan promosi.

Dita Arista Dewi yang biasa disapa Tata ini telah menjalani usaha online sejak SMA. Berawal dari kegiatan iseng dikarenakan dia suka membuat kerajinan tangan dan suka memposting apa yang dia buat di instagram storiesnya. Alhasil dia mendapat respon positif dan teman-teman terdekatnya memesan barang dagangannya, barang yang diperjual belikan adalah bucket snack. Tata mengatakan dulu sempat mencoba membuat usaha bucket bunga online, tetapi usahanya kurang laku dan beralihlah dia ke bucket snack.

Dari background yang memang keluarganya gemar membuka usaha, mulai dari mamah dan kakaknya. Untuk kakaknya membuka usaha online yaitu bucket bunga yang sudah lumayan besar dan pengirimannya sudah sampai keluar kota dan pulau. Sempat mengikuti jejak kakaknya membuka bucket bunga, akhirnya tata berusaha untuk tampil beda. Alhasil dia berkomitmen untuk menjual bucket snack.

Bisnis online Tata ini baru tersedia di Jakarta dan Tangerang saja dan tata berbisnis online ini menjalani sendiri.  Untuk bucket snack ini dijual dengan kisaran harga 40 ribu sampai 200 ribu, untuk isi dari bucket snack tersebut pelanggan bisa merequest sendiri isi dari paket snacknya. Yang paling laku dan sering dipesan adalah paket berisikan coklat.

Alasan Tata membuka bisnis online selain keisengannya, Tata juga ingin membantu meringankan perekonomian keluarga dan bisa membeli barang-barang yang dia mau dengan sendirinya. Tata berpesan untuk para remaja kreatif tak ragu untuk merealisasikan dan memanfaatkan peluang. Karena peluang dan kesempatan itu terkadang tak selamanya ada. Perlu momentum yang tepat dan keberanian untuk menjadikan ide kreatif dan peluang itu menjadi nyata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.