Memanfaatkan Limbah Kayu, Menjadi Sesuatu Yang Bernilai

Sering kali kita mengabaikan hal-hal sepele, contohnya mengabaikan barang-barang bekas disekitar kita. Padahal jika itu terus dibiarkan akan menyebabkan kerusakan pada lingkungan kita. Sebaiknya jika ada barang-barang yang bisa kita manfaatkan dan di daur ulang, itu akan lebih baik, setidaknya dapat mengurangi jumlah limbah sekitar.
Nah, salah satunya adalah Zulfikar Sadam pengrajin aksesoris dari limbah kayu. Sejak dua tahun lalu dia memulai usaha pembuatan aksesoris dari limbah kayu. Zulfikar memang hobi membuat kerajinan, bermodalkan kayu bekas dan alat seadanya dia memulai usaha ini, dan sampai saat ini kerajinan yang dia buat banyak diminati orang.

DSC01757.JPG

Melalui akun Instagram produknya yaitu @plus.enamdua dia menjual kerajinan tangan yang dia buat sendiri. Selain melalui akun Instagram, Zulfikar juga sering menjualnya di event musik, bazar, mall dan lain sebagainya. Nama plus enam dua sendiri dia ambil dari kode nomor ponsel di Indonesia +62, tapi ada makna lain sebenarnya “Orang banyaknya si ngira plus enam dua itu karena Indonesia banget gitu, sebenernya itu, nggak kaya gitu itu, sebenernya itu tuh kalo plus enam dua itu di Indonesia kan nol kalo misalkan di telpon, nah, gue ngeliat kayu itu kayu yang dibuang itu kan bernilai nol, nah gue nggak liat itu nol, mungkin dari bahan baku yang nol menjadi sesuatu yang bernilai gitu.

DSC01748.JPG

Aksesorisyang paling banyak diminati adalah anting, kalung dan gelang. Pembelinya mulai dari anak sekolah hingga model sekalipun. “Kaya waktu itu ada anak sekolah dari Kalimantan, dia suka dan beli gitu. Kemarin sempet model, model dan desainernya beli, sempet nggak percaya juga si pake bahan rongsok buakn rongsok, bahan buangan gitu, yang tadi dibilang nol itu bisa bikin desainer itu menang gitu”.Biasanya Zulfikar mendapatkan bahan baku kayu bekas ketika sedang berjalan, ada kayu bekas yang sekiranya cocok untuk didaur ulang menjadi aksesoris buatannya, dia ambil.

“Buat masyarakat, menurut gue kalo emang ada barang yang udah nggak kepake, jangan dibuang dulu gitu, kalo masih bisa di daur ulang, manfaatin. Apalagi ini orang yang buang, dan gue yang ngambil. Kalo emang dirumah kalian ada, itu lebih gampang banget gitu” ujar Zulfikar.

Hastina Triyani (1671500930)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.