Perkembangan Pasar Tradisional Ciledug

2

Siapa yang tak tahu pasar tradisional? Kumuh, becek, bau, dan panas itu adalah persepsi sebagian orang setelah mendengar kata pasar, tapi sebagian orang berpikir bahwa pasar tradisional itu murah, lengkap, merakyat. Ya. Persepsi setiap orang memang berbeda-beda, namun pasar tradisional tetaplah pasar tradisional.

Di zaman yang tengah berkembang ini, tak hanya teknologi yang semakin berkembang, pasar pun demikian, kini terdapat pasar tradisional, pasar modern, dan lain lain. Apa sih bedanya? Ya. Pasar tradisional adalah sebuah tempat yang berisikan penjual dan pembeli, dimana pembeli bisa memegang langsung barang dagangan dan melakukan tawar-menawar kepada penjual. Itu adalah salah satu hal yang membedakan antara pasar tradisional dengan pasar modern, di mana pasar modern adalah tempat para penjual dan pembeli yang melakukan jual-beli tanpa adanya tawar menawar.

1

Kali ini, saya akan membahas salah satu pasar tradisional yang terletak di Ciledug, Tangerang. Berdirinya pasar ini sudah cukup lama, namun tidak tahu tepatnya tahun berapa, melihat kondisi pasar hingga saat ini, terdapat perubahan-perubahan yang telah dilakukan. Salah satunya adalah proyek baru yang diterapkan di pasar tradisional Ciledug, di mana keadaan pasar lebih bersih, nyaman, dan fasilitas lebih memadai daripada sebelumnya.

Alasan dibalik adanya proyek baru yang digarap pasar tradisional Ciledug ini adalah karena telah terjadi kebakaran saat itu, di mana mau tak mau pasar ini dilakukan perbaikan sehingga kondisi pasar terlihat lebih nyaman daripada sebelumnya.

Terbukti bahwa kondisi pasar saat ini lebih membuat pedagang dan pembeli pun merasakan dampak positifnya. Karnali adalah salah satu pedagang rempah-rempah dan bumbu dapur di pasar tradisional Ciledug, ia menganggap bahwa kondisi pasar saat ini lebih membuatnya nyaman, karena pasar terlihat lebih rapi, bagus, dan fasilitasnya juga memadai. Karnali bisa memberi pendapatnya karena ia adalah salah satu pedagang pasar yang telah lama berjualan sebelum adanya proyek baru ini.

3

Tak hanya pedagang yang merasakan dampak positif dari proyek baru ini, salah satu pembeli yang sering datang ke pasar Ciledug bernama Ica juga mengatakan bahwa kondisi pasar yang sekarang lebih membuatnya nyaman, karena ia bisa lebih mudah mencari apa yang ia ingin beli.

Terbukti bahwa perkembangan pasar Ciledug ini membawa dampak positif bagi para penjual juga pembelinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.