Warna-warni pasar tradisional

Pasar tradisional begitu identik dengan sesuatu yang kumuh, bau, kotor, salah satu alasan mengapa banyak orang yang enggan memilih pasar untuk berbelanja kebutuhan pokoknya. Tanpa disadari banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan jika kita pergi ke pasar tradisional, salah satunya adalah proses tawar antara penjual dan pembeli. Dalam transaksi tawar menawar tersebut kita dapat belajar berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain. Kita juga bisa menambah relasi yang pastinya akan menguntungkan kita. Selain itu, jika berbelanja di pasar tradisional kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah dan  variasi pilihannya lebih banyak jika dibandingkan kalau kita berbelanja di pasar modern.

Pasar merupakan tempat utama dalam perputaran roda perekonomian suatu negara, pasar menjadi tempat berjalannya kegiatan atau aktivitas perekonomian seperti produksi, konsumsi maupun distribusi. Banyak hal-hal yang menarik yang dapat dijumpai di pasar tradisional, beberapa diantaranya adalah kita dapat tawar menawar harga, mendapatkan harga yang terjangkau, berinteraksi dengan orang lain, menambah kenalan, berbagi pengalaman dengan penjual, berbagi informasi dengan penjual dll.

 

Pasar tradisional berisikan pedagang-pedagang yang dagangannya tidak tertata dengan rapih dan kotor, membuat banyak orang mempertimbangkan untuk berbelanja di pasar tradisional. Jika dilihat dari sisi lain, pasar tradisional sangat banyak memberikan keuntungan kepada pembelinya dan banyak hal menarik dapat kita jumpai di pasar tradisional. Contohnya adalah ketika ada seorang pria warga negara asing berbelanja dan hanya bisa berbahasa inggris, sehingga mereka menggunakan bahasa tubuh berkomunikasi dan menggunakan kalkulator sebagai acuan harga yang akan disepakati.

Pasar tradisional di Ciputat, Tangerang Selatan sudah ada sejak tahun ‘90an. Di pasar tersebut terdapat berbagai macam barang yang dijual. Terdapat ribuan PKL yang ada di pasar ciputat. Terjadi lebih dari jutaan transaksi setiap harinya, pertanda masih banyak orang yang percaya dan memilih pasar tradisional sebagai pilihan untuk berbelanja.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.