Eksistensi Jasa Digital Painting

thumbnail 2          Pedagang online saat ini semakin marak tidak hanya menjual suatu barang tapi juga menawarkan sebuah jasa. Salah satu jasa yang ditawarkan di bisnis online ada sebuah jasa mengubah gambar biasa menjadi gambar digital yang banyak jenisnya ada yang mengubah ke bentuk vektor, digital painting, dan lain lain. Muhammad Algie Eka Saputra yang merupakan seorang seniman, menawarkan sebuah jasa digital painting ini lewat akun instagramnya @algie.saputra melalu sorotan insta story.

Algie memulai jasa ini ketika dia lulus SMA, dia juga sempat mulai bisnis saat SMA yaitu jasa mengubah gambar manual ke bentuk sketsa wajah ke bentuk gambar manual. Jasa seperti ini biasanya dipesan konsumen untuk memberikan hadiah kepada seseorang untuk merayakan sesuatu seperti, ulang tahun, anniversary, graduatin, ataupun hadiah kepada kekasih dan lain lain. Usaha seperti ini tidak eksis beberapa waktu saja tetapi bisa kapan saja dan bisa juga eksis pada saat perayaan hari raya.

Proses jual beli jasa seperti ini juga diceritakan oleh Algie, pertama konsumen menanyakan kepada Algie berapa harganya dan rincian biayanya. ketika sudah sepakat lalu konsumen mengirim foto kepada Algie dan Algie punmelakukan proses pengerjaanya. Setelah selesai proses pengerjaan konsumen membayar kepada Algi, setelah itu melakukan proses pengemasan yaitu dengan mencetak gambar dan mencari bingkai setelah dikemas dengan rapih akhirnya bingkai dikirim ke konsumen.

EGA

Untuk rincian biayanya relatif tergantung kebutuhan konsumen mau ukuran berapa. Biasanya Algie mendapatkan pesanan ukuran A4 dengan harga Rp.150.000 . Harga tersebut sudah termasuk dengan cetak kertas dan juga bingkai.

Jenis usaha seperti ini pun juga banyak mengalami suka dukanya. Menurut Algie sukanya yaitu ketika konsumen suka dan puas terhadap gambar digitalnya dan juga ketika barang sampai kepada konsumen dengan aman. Dukanya pun juga banyak contohnya seperti ketika ada orang yang ingin memesan tapi akhirnya gajadi hanya untuk nanya nanya saja, kemudian dukanya juga yaitu saat misalnya barang yang sampai konsumen kaca bingkainya pecah.

Maraknya sosial media, kemudahan bertransaksi lewat online, dan juga banyaknya jasa pengiriman di jaman sekarang alasan utama Algie membuat usaha ini lewat jalur online. Prosesnya pun sangat mudah dan tidak harus ketemu langsung dengan konsumen. Karena kalau harus punya studio sendiri harus punya modal yang banyak dan Algie pun saat ini sedang menjalani pendidikan S1 nya dengan jurusan Desain Komunikasi Visual.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.