Front End Developer

IMG-20181226-WA0025

Komunitas Front End Developer  adalah kumpulan para programmer dan developer. Kecintaan dan hobi mengutak-atik komputer atau laptop lah yang membuat mereka terjaring pada komunitas ini. Untuk orang awam yang tidak terlalu mengerti dan mengenali teknologi tidak akan tahu apa maksud dan tujuan komunitas “front end developer”.

Bahasa-bahasa yang digunakan sangat sistematis apabila saat berkumpul atau sharing. Mungkin hanya mereka saja yang mengerti saat melakukan percakapan di ruang publik. Mereka adalah kumpulan para pembuat web, aplikasi atau hack (hacking dalam hal positif).  Seiring perkembangan teknologi, web telah berkembang menjadi lebih kompleks. Ini membuat  juga menjadi lebih terspesialisasi. Artinya, seorang developer tidak harus melakukan keseluruhan proses membangun web lagi, tetapi fokus pada bagian tertentu saja, entah itu salah satu bahasa pemograman, framework, atau bagian teknikal lainnya.

Perkumpulan ini selalu berkumpul yang istilahnya “kopdar” pada minggu sore. Senjata yang pasti selalu dibawa saat kopdar adalah laptop. Apasih front end? front-end itu sebuah website adalah bagian yang langsung dilihat oleh user. User juga bisa langsung berinteraksi pada bagian ini. Bagian ini dibangun menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.