Komunitas Virtual (Forum IDDM)

iddm

Forum merupakan sarana diskusi online di internet, dimana jika penggunanya memiliki jaringan internet, maka pengguna dapat saling berbagi informasi apapun itu.

Didalam sebuah forum terdapat administrator, moderator dan anggota, dimana ketiganya memiliki wewenang yang berbeda, diantaranya administrator adalah yang memiliki wewenang untuk menyunting, menghapus, memindahkan atau melakukan perubahan terhadap topik yang ada di forum. Umumnya administrator juga memiliki wewenang untuk menutup forum, mengganti peralatan forum, mengganti kulit secara global, memodifikasi forum dan memblokir, menghapus, atau menambahkan anggota dalam forum. Lalu ada moderator, yaitu memiliki wewenang yang hampir sama seperti administrator, namun hanya dapat melakukan memindahkan topik, menghapus, menyunting, memperingati anggota atas kiriman yang dianggap kasar dengan alasan yang logis, atau mengganti detail forum. Namun pada umumnya, moderator dapat diwakilkan kepada anggota forum lainnya. Untuk menjadi moderator, seorang anggota cukup hanya dengan mengirimkan pesan pribadi kepada administrator, lalu administrator akan menjadikan anggota tersebut sebagai moderator jika administrator berkenan. Lalu ada anggota yang sifatnya hanya dapat memulai topik pembicaraan forum, menyuntingnya, menghapusnya dan mengendalikan pengaturan dan akses ke profil pengguna lain.

Di forum IDDM (Indonesian Death Metal) yang sekarang ini memiliki 1 administrator, 12 moderator dan lebih dari 5000 pengguna di dalamnya. Administrator-nya antara lain adalah yang berada di video wawancara yaitu Deddy Permadi. Awalnya Deddy dan 1 orang temannya dari label Brutal Mind, Deni ini membuat forum IDDM pada tahun 2007 di domain gratisan yaitu Proboards. Awalnya berjalan lancar, lalu sempat vakum atau menutup forum tersebut pada tahun 2013 dikarenakan peraturan baru dari forum Proboards yang mengharuskan menggunakan bahasa Inggris untuk tetap melanjutkan forum tersebut dengan gratis, maka forum tersebut ditutup.

Lalu pada akhirnya di tahun 2017, Deddy dan Deni mencoba berjuang kembali untuk membentuk forum IDDM baru, akhirnya mereka membeli domain baru agar dapat membentuk forum tersebut. Maka jadilah forum IDDM di tahun 2017 hingga sekarang dengan wajah barunya.

Forum IDDM ini tujuannya adalah untuk menjembatani orang-orang dari seluruh Indonesia dengan selera musik yang sama agar dapat berbagi ilmu dan informasi seputar musik death metal. Namun selain itu, ada topik pembicaraan diluar death metal juga seperti games, tips and trick dll.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.