MUSANG LOVERS JAKARTA

Musang lovers Jakarta, itulah sebutan bagi para pecinta hewan musang yang berdomisili di wilayah Ibukota Jakarta. Awal berdirinya komunitas ini adalah dengan berkumpulnya para pecinta musang di wilayah Gelanggang Olahraga Cijantung, Jakarta Timur. Mereka berjumlah sekitar 10 orang, dan dari awal pertemuan inilah mereka sepakat membuat nama komunitas ini dengan nama Musang Lovers Jakarta. Resmi berdirinya komunitas ini adalah tanggal 4 Januari 2014, dan sekarang sudah menginjak di usia yang ke 4 tahun. Seiring berjalannya waktu, komunitas Musang Lovers Jakarta ini menyebar luas ke berbagai penjuru di wilayah Ibukota Jakarta. Mulai dari Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara hingga Jakarta Pusat. Dari lima regional wilayah tersebut masing-masing terdiri dari 10 Homebase, seperti Homebase Priok, Homebase Kosambi, Homebase Kebayoran, dan yang akan saya bahas yaitu Homebase Taman Suropati.

 

Taman Suropati berada di kawasan pusat Ibukota dan berlokasi tidak jauh dari Taman Menteng, Jakarta Pusat. Taman ini selalu ramai akan pengunjung, karena memang taman ini sangat nyaman untuk menenangkan fikiran ataupun untuk sekedar liburan keluarga. Maka, tak heran tempat ini dipilih menjadi salah satu Homebase komunitas Musang Lovers Jakarta. Jadwal mereka berkumpul adalah setiap malam minggu mulai pukul 19.00 – 00.00 WIB. Anggota di Homebase Taman Suropati berjumlah 30 orang anggota aktif yang diketuai oleh Arifin. Anggota di Homebase ini mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, hingga pegawai kantor. Jenis musang yang dipelihara anggota disini berbagai macam, mulai dari jenis musang pandan, musang bulan, hingga musang akar Borneo. Visi misi komunitas ini adalah untuk menghilangkan fikiran masyarakat luas tentang hewan musang yang dianggap sebaagi hewan hama dan bisa menjadikan musang sebagai hewan peliharaan layaknya seperti hewan anjing dan kucing.

IMG_9954.JPG

Komunitas ini mempunyai kegiatan rutin lainnya seperti sosialisasi dengan masyarakat, bakti sosial, hingga mengikuti acara kontes yang diadakan setiap tahunnya. Musang lovers Jakarta belum lama ini mengadakan gathering Nasional yang bertempat di Mall Mangga Dua Square, Jakarta Utara. Di acara ini, banyak komunitas yang serupa dengan Musang Lovers Jakarta, seperti MULDOCK ( Musang Lovers Depok ) dan SOMAT ( Solidaritas Owner Musang Tangerang ). Mereka saling bersosialisasi dan adu gengsi untuk memenangkan kontes musang yang berhadiah total puluhan juta Rupiah. Penilaian dari kontes musang ini adalah mulai dari kebersihan musang, kesehatan musang, dan yang utama ialah karakter dari musang itu sendiri.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.