Pedagang Online (Zaky Zuxy Bird Shop)

16681465_1923995221157571_763436149084521183_n

Sebuah pedagang online di internet adalah pedagang yang menjajakan barang dagangannya di situs-situs media sosial maupun situs-situs perdagangan online. Disitu mereka menampilkan produk-produk yang mereka jual, sehingga bisa dilihat oleh para peselancar internet. Proses transaksinya pun bermacam-macam, ada yang bertemu langsung atau COD (Cash on Delivery), maupun kirim melalui jasa-jasa pengiriman luar daerah hingga luar negeri yang tersedia.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang satu pedagang online yang menjual serba-serbi burung.

28577129_198032787619728_2854063031968086490_n

Sang owner yang bernama Muhammad Zaky membangun bisnis ini dari tahun 2016. Awalnya ia memang suka bermain burung dan sudah memelihara beberapa jenis burung dirumahnya, ia juga kerap kali mengikuti perlombaan burung yang ada. Kegemaran ini diturunkan dari sang ayah yang juga seperti anaknya. Ia masuk di grup-grup burung di facebook, lalu pada tahun 2016, ia melihat peluang bisnis online dan memutuskan untuk mencoba berjualan seputaran hobinya tersebut.

Ia menjual pakan burung yaitu seperti sayur-sayuran, jangkrik, pelet, lalu suplemen burung yaitu pil agar burung lebih kuat, sehat dan indah, lalu ring burung yaitu sebuah ring di kaki burung untuk menandakan burung tersebut, lalu terakhir  ia menjual burung itu sendiri dari mulai anakan hingga burung dewasa.

Awalnya ia menawarkan barang dagangannya melalui situs-situs media sosial seperti facebook dan Instagram, lalu melalui situs perdagangan online seperti tokopedia. Namun seiring waktu berjalan, situs seperti Instagram dan tokopedia dirasa kurang ampuh baginya, dagangannya kurang laris disitu karena tidak memiliki hubungan yang cukup, lalu akhirnya ia hanya berjualan di akun facebook pribadinya maupun akun facebook barang dagangannya, karena disitulah ia banyak mengenal orang-orang yang juga mempunyai hobi yang sama, dan masuk di beberapa grup seputar burung, maka akhirnya ia memutuskan untuk hanya berjualan di facebook.

Ia menerima transaksi dagangannya dengan bertemu langsung atau COD (Cash on Delivery) dan menggunakan jasa pengantaran

Belakangan ini ia menamai bisnis onlinenya dengan nama “Zaky Zuxy Bird Shop”, karena ia sudah mulai merasa percaya diri oleh bisnis online-nya ini, lantaran sudah banyak konsumen-konsumennya di dunia maya maupun di dunia nyata, terbukti dari banyaknya konsumen yang puas oleh dagangannya tersebut.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.