Ampun-Ampunan, The Adams Akhirnya Menuntaskan Penantian Panjang Lewat ‘Agterplaas’

Rabu, 23 Januari 2019. The Adams akhirnya menjawab teka-teki yang membuat para penggemarnya penasaran lewat unggahan beberapa video. Melalui akun sosial medianya, The Adams resmi mengumumkan album baru mereka nih Sob!

Sudah hampir 13 tahun, bahkan sampai udah mau 3 kali ganti periode presiden nih sob. The Adams, unit indie-rock ini akhirnya kembali melahirkan karya, sebuah album yang bertajuk “Agterplaas” (dibaca “Akhterplas”). Setelah vakum dalam pembuatan album sejak album terakhir berjudul “V2.05” (2006), The Adams merilis album sekaligus dengan DVD berjudul “Masa-Masa : Sebuah Dokumenter Pembuatan Agterplaas” yang dibungkus dalam edisi Box Set terbatas.

Mengenai album edisi box set, jauh sebelum album ketiga The Adams yang diberi judul Agterplaas selesai digarap, mereka emang udah ada wacana untuk menyajikannya dalam format yang lebih eksklusif nih sob. Mengingat ini akan menjadi album pertama The Adams sejak 2006, sepertinya, sayang rasanya kalau penantian panjang para pendengar setia cuma dipenuhi dengan CD atau kaset biasa, atau bahkan hanya dalam format digital. Apalagi The Adams terbentuk di lingkungan kampus Institut Kesenian Jakarta, di mana unsur rupa dan visual tak kalah penting dibanding aspek musik.

The Adams mewujudkan Agterplaas edisi box set ini, sebagai satu kesatuan dari ekspresi seni secara musikal, visual dan taktil. Selain CD berisi album Agterplaas itu sendiri, di dalam box set ini terdapat DVD Masa-Masa: Sebuah Dokumenter Pembuatan Agterplaas, yakni film mengenai proses penggarapan album tersebut. Di bawah arahan drummer Gigih Suryo Prayogo sebagai produser, film ini disusun Cakti Prawirabishma, yang mendokumentasikan perjalanan The Adams sejak 2014, dan diedit oleh Sigit Permana.

Sedangkan untuk urusan musiknya, unsur-unsur khas musik The Adams di dua album sebelumnya masih ada, seperti raungan distorsi gitar, harmonisasi vokal manis dan kord-kord rumit tapi mudah dicerna. Namun emang nggak bisa dipungkiri nih sob, bahwa Agterplaas adalah karya musisi-musisi yang lebih dewasa dari segi musikalitas yang lebih matang maupun tema lirik yang sesuai dengan fase hidup The Adams saat ini. Kalau dulu bercerita tentang pulang jam 9 malam dan berwisata, kini lagu-lagu The Adams mengenang masa muda (“Masa-Masa”), menghadapi rasa takut demi orang kesayangan (“Timur”) dan merindukan mereka yang sudah tiada (“Dalam Doa”).

Dalam unggahan di sosial medianya, The Adams juga turut menyebarkan daftar lagu yang ada di album Agterplaas, yaitu : Agterplass, Masa-Masa, Pelantur (telah dirilis lebih dulu bertepatan dengan Records Store Day 2018), Lingkar Luar, Esok, Dalam Doa, Gelap Malam, Sinar Jiwa, Sendiri Sepi, Pesona Persona, dan Timur.

Mayoritas proses kreatif yang berjalan, mulai dari rekaman Agterplaas berlangsung di Studio Teras Belakang di Tangerang Selatan, dan Kamar Aryo di daerah Bekasi. Semuanya dilakukan secara berkala antara 2015 hingga 2019. Musisi tamu yang ikut terlibat di antaranya ialah Turi Ismanto Kaliandra pada gitar di “Pesona Persona” dan Ghina Salsabila pada piano di “Dalam Doa” dan “Sendiri Sepi”, serta Zul Mahmod pada efek suara. Tata rekam dikerjakan Arief Rinaldi, dan penyelarasan akhir digarap di Sage Audio.

Jika pada album pertama The Adams (2005) memiliki lagu andalan “Konservatif” dan “Waiting”, dan album kedua v2.05 (2006) menampilkan “Halo Beni” dan “Hanya Kau”. Dalam Agterplaas, mereka akan menjadikan “Pelantur” dan “Masa-Masa”, sebagai anak kesayangan dalam album ini.

Bocoran sedikit nih sob, mending lo buruan deh langsung sikat tuh album “Agterplaas” edisi set box. Tiap box set yang dipesan ini sekaligus merupakan undangan untuk menghadiri acara peluncuran Agterplaas yang bersifat intim dan eksklusif pada tanggal 6 Maret 2019 di sebuah lokasi di Jakarta yang akan diinformasikan menjelang penyelenggaraan. Setlist lagu-lagu yang akan dimainkan The Adams pada acara itu juga akan disisipkan ke dalam box set, lengkap dengan tanda tangan personel.

Album ketiga ini, diedarkan sendiri di bawah payung Belakang Teras Records dalam format box set eksklusif yang akan tersedia 6 Maret 2019 dan sudah bisa dipesan di belialbumfisik.com. Informasi mengenai format lain bakalan segera menyusul.

Penulis : Yunia Indri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.