Rachun Rilis Single Teranyar Bersama Resolusi di Bulan “Januari”

Resolusi, resolusi dan resolusi. Resolusi identik dieratkan hubungannya sebagai harapan dalam menyambut tahun baru. Tapi lo nyadar nggak sih sob, ada berapa resolusi yang cuma jadi wacana belaka? Setiap akhir tahun, dan awal tahun banyak banget orang berbondong-bondong merangkai resolusi yang mereka harapkan. Bahkan resolusi tiap orang kayaknya hampir sama, ya intinya pengen hidup yang lebih baik. 

Kenapa sih seseorang membutuhkan sebuah resolusi. Pun dengan mengapa seseorang merasa perlu untuk memikirkan hidup di masa yang akan datang ketimbang hari ini. Pasti lo muak kan, akan resolusi-resolusi yang malah cuma jadi janji sampah yang ditelan diri sendiri, atau cuma jadi penyemangat hidup doang biar ke depannya kita jadi tau harus ngapain. 

Namun memang, Januari selalu diwarnai dengan berbagai macam rencana baru. Ada yang terlaksana, ada yang kandas, bahkan ada juga yang dilupakan begitu saja.

Photo Cover “Januari”

Tapi tenang aja sob, semua keresahan lo udah diwakilin kok sama band caos yang satu ini. RACHUN adalah band asal Jakarta, yang mengusung format trio ini telah menelurkan 4 rilisan bertajuk “Demonya Rachun Yang direkam di POTS” (2015) dan “Pra-Karya” (2017) yang masing-masing memuat 5 lagu, “Makanan” (2018) single berbentuk kaset dengan bonus track “Nggak Bermoral” serta “SANS” (2018) yang berisi 6 lagu.

Keresahan inilah yang kemudian dituangkan Rachun ke dalam bentuk lagu dengan judul “Januari” yang telah disebar secara digital pada 18 JANUARI 2019 pada layanan streaming seperti Spotify, Apple Music, Joox, Deezer, dan lainnya, serta dapat diunduh di iTunes Store.

Sedikit tentang mengenai lagu ini, Rachun menuliskan dalam rilisan persnya, tentunya terlalu sembrono jika menganggap, bahwa menanam ambisi, menembak target, dan berharap adalah hal yang percuma. Toh merekalah yang seringkali membuat kita untuk terus bergerak menuju perubahan, sebuah pengembangan diri. Tapi, seperti kepingan uang logam—yang mempunyai dua sisi, rasanya beberapa dari doa-doa itu justru menggambarkan pola-pola yang usang.

Rendah gunung tinggi harapan. Silakan pupuk cita, asal tidak memanfaatkan Januari sebagai sekadar momen untuk mengulang-ulang rencana, angan-angan lampau, tren resolusi, bahkan kebuntuan, serta keluh kesah itu sendiri.

Dalam proses kreatifnya, Rachun mengajak Audi Adrianto yang didaulat sebagai produser. Rachun juga menghadirkan suara dan penggalan lirik oleh Bismo Triastirtoaji diakhir lagu yang membuat kegalauan lagu semakin terasa. Audi dan Bismo merupakan gitaris dan vokalis dari band 1/4 yang sedang dalam proses penyelesaian albumnya album pertamanya.

Info tambahannya lagi nih sob, “Januari” juga menjadi sebuah jembatan menuju EP selanjutnya yang akan dirilis pada 1 Februari 2019 mendatang. EP bertajuk “Yaudah” akan menghadirkan 5 lagu dengan nuansa yang berbeda dengan EP Rachun sebelumnya SANS (dirilis 2018 lalu).

Selain dalam bentuk audio, “Januari” juga sekaligus dirilis dalam bentuk musik video. Bekerja sama dengan Sutradara Ravi Septian, yang sebelumnya  menjadi DOP video “We’ll Carry On” dari Pamungkas. Uniknya, lo bakal nemuin properti kelender dari band The Panturas dalam musik video lagu “Januari”. Buat yang penasaran dengerin nih lagunya sekaligus nikmatin musik videonya di sini.

Penulis : Yunia Indri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.