Curhatan di Balik Liputan Mahasiswa

Pantai Kali Baru terletak di Cilincing Jakarta Selatan. Pada awalnya sata tidak mengetahui tentang pantai kali baru terutama tanggul yang dibangun disana. Dosen Jurnalis Online saya memberikan kami tugas untuk membuat berita dengan tema “Dampak Positif Tanggul Jakarta”. Ketika diberikan tugas dengan tema seperti itu, segera saya mencari informasi lalu saya dan teman saya memutuskan untuk pergi ke Jakarta Utara tepatnya tanggul Kali Baru. Minggu pertama saya dan teman-teman saya kesana sekitar jam 09.00 pagi dari stasiun kebayoran dan sampai disana sekitar jam 10.30 pagi. Awalnya kami tiba di pasar Cilincing Jakarta Utara dan kami menanyakan lokasi tanggul kali baru hingga akhirnya kami ditunjukkan tempatnya oleh salah satu warga disana. Sesampainya saya di tanggul Kali Baru, hal pertama yang saya lakukan melihat pantai kali baru dan mewawancarai warga sekitar. Ketika saya ingin mewawancarai warga disana awalnya saya ditolak, hingga akhirnya saya mencoba mencari warga lain yang mau untuk diwawancarai dan saya bertemu dengan Ibu Rohimah atau yang sering disapa dengan nama Imah yang bersedia untuk diwawancarai.Ibu Rohimah salah satu pedagang disekitar pemungkiman pantai kali baru. Dia sangat baik dan sangat membantu selain itu dia sangat membebaskan kami jika membeli makanan dengan dia (mengambil sendiri makanan). Ibu Rohimah juga sangat senang dengan dibangunnya tanggu Pantai Kali Baru.

Minggu kedua saya berangkat lagi ke pantai kali baru untuk mengambil video. Minggu kedua ini menurut saya sangat menyiksa. Saya dan teman-teman saya sepakat untuk menginap di Mcd Salemba Jakarta Pusat karena kami harus ke pantai Kali Baru jam 04.00 pagi. saya berangkat menggunakan gojek ke Salemba Jakarta Pusat sekitar pukul 10.00 malam dan berangkat ke pantai kali baru sekitar jam 04.00pagi dengan menggunakan kendaraan online. Perjalanan dari Salemba Jakarta Pusat ke Pantai Kali Baru sekitar satu jam dengan waktu tersebut kami manfaatkan untuk beristirahat. Sesampainya di Pantai Kali Baru saya mengambil video kegiatan masyarakat dan kondisi Pantai Kali Baru sesuai dengan tema yang diberikan. Tetapi walaupun banyak banyak warga yang sangat senang dengan pembangunan tanggul kali baru, tidak sesuai dengan kondisinya yang banyak sampah serta taman yang tidak dirawat. Banyak taman yang gersang dan sampah yang berserakan disekitar tanggul.

Minggu ketiga saya berangkat lagi ke pantai Kali Baru bersama teman-teman saya sekitar pukul 08.00 dari stasiun kebayoran dan sampai sekitar pukul 10.00 pagi. sesampainya disana kami bergegas untuk mengambil video ulang, tiba-tiba salah satu warga melarang kami kedalam karena ada anjing yang dilepas pemiliknya. Karena beberapa warga sekitar pernah digigit oleh anjing tersebut alhasil kami mengurungkan diri untuk masuk ke tanggul. Akhirnya saya mencoba untuk mengambil video disekitar pemungkiman warga. Ketika kami ingin mengambil gambar dekat tanggul dan jauh dari tempat anjing tersebut tiba-tiba petugas disana melarang kami untuk mengambil gambar, pada awalnya mereka menanyakan kami wartawan atau tidak dan kami mengatakan kami tidak wartawan melainkan hanya mahasiswa tetapi tersebut menyuruh kamu malapor dengan Humas disana.  Ketika kami ingin bertemu dengan Humasnya, ternyata tidak ada ditempat. Tetapi salah satu teman saya nekat unuk mengambil gambar dengan kamera handphone diam-diam hingga akhirnya ketahuan dan petugas tersbut mengejar kami dan menyuruh pulang. Kami pun pulang dengan video yang seadanya saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.