Deadline di Akhir Tahun

suasana di pinggir tanggul muara kamal
Senin, 8 November 2019
suasana di pinggir kali pesanggrahan
11 November 2019

Hai semua, saya disini akan menceritakan pengalaman saya dalam melakukan seluruh proses pembuatan berita dalam jurnalistik online. Dalam pembuatan berita jurnalisitik online ini banyak sekali suka dan duka yang saya alami mulai dari menulis reporting plan hingga akhirnya saya terjun langsung ke lapangan untuk liputan. Dari awal mendapat tugas ini saya sudah mulai merasa tertantang, karena tugas ini mebutuhkan effort yang lebih, mulai dari waktu, fisik, pemikiran, dan juga materil. Selain itu saya juga merasa tertantang Karena tugas ini mengajarkan kita langsung untuk terjun ke lapangan bertemu langsung dengan masyarakat sekitar. Namun dengan begitu saya tetap menjalani tugas ini dengan senang hati dan dengan hati yang ikhlas.

Pertama mendapat tugas pembuatan berita ini saya disuruh untuk mencari sesuatu berita yang menarik dengan tema air dan di kerucutkan lagi dengan tema aliran sungai ciliwung. Disitu saya mengambil ide berita dengan mengangkat tema perbedaan kali pesanggrahan dulu vs sekarang. Saya memilih tema ini karna saya menganggap tema ini sangat menarik untuk saya jadikan sebuah berita. Sebagian masyarakat mungkin belum tahu kalua kali pesanggrahan adalah terusan atau anak dari sungai ciliwung. Dan juga banyak masyrakat juga yang belum tahu sejarah kali pesanggrahan dari dulu hingga sekarang ini. Saat membuat reporting plan tentang kali pesanggrahan ini, saya harus beberapa kali mengulang untuk membuat reporting plan Karena banyak sekali hal-hal yang harus direvisi dari reporting plan saya yang sebelumnya. Pada akhirnya setelah beberapa  reporting plan yang saya buat, akhirnya reporting plan yang saya bikin di acc. Dan tandanya saya sudah ditugaskan untuk langsung terjun ke lapangan liputan untuk mengambil gambar. Namun belum sempat saya pergi ke kali pesanggrahan untuk liputan, saya sudah mendapat tugas baru lagi untuk mecari sebuah berita dengan tema yang berbeda dari sebelumya. Pada tugas selanjutnya saya di beri tugas dengan tema tanggul yang ada di Jakarta, dan tugas yang kedua ini menjadi terasa berat karena tempatnya yang begitu menantang dan akses menuju lokasi yang sangat jauh. Setelah mendapat tugas tentang tanggul yang ada di pantai Jakarta ini saya langsung untuk membuat kembali reporting plan dengan tema muara kamal dulu vs sekarang.

Akhirmya setelah saya menyelesaikan semua reporting plan, saya langsung menuju ke lokasi untuk mengambil gambar dan liputan sesuai dengan tema yang ada pada reporting plan yang telah saya buat sebelumnya. Saat saya sampai di kali pesanggrahan saya langsung mengambil beberapa gambar berupa video di sekitar kali pesanggrahan, untuk nantinya akan saya gabungkan menjadi sebuah berita dengan berbagai macam gambar yang menggambarkan kali pesanggrahan.

WhatsApp Image 2019-12-24 at 22.47.57 (2)

WhatsApp Image 2019-12-24 at 22.47.56

WhatsApp Image 2019-12-24 at 22.47.58

Setelah mengambil beberapa gambar lalu saya mencoba untuk menggali informasi dengan warga sekitar dengan menanyakan perubahan apa saja yang sudah terjadi pada kali pesanggrahan dari dulu hingga sekarang ini. Mayoritas masyarakat menjawab kalau perubahan kali pesanggrahan dari dulu hingga sekarang ini sangat signifikan, dulu banyak sekali sampah baik itu di kali maupun di bantaran kali pesanggrahan namun sekarang sampah sudah mulai berkurang bahkan tidak ada lagi sampah di dalam kali pesanggrahan, dulu warna air di kali pesanggrahan sangat keruh namun sekarang sudah mulai bening walaupun masih sedikit kecoklatan.

WhatsApp Image 2019-12-24 at 22.47.57 (1)

Setelah menggali informasi melalui warga sekitar, tidak lama kemudia saya bertemu dengan petugas yang membersihkan kali pesanggrahan dari sampah yang ada atau  yang biasa kita dengar pasukan orange. Setelah mengambil beberapa gambar saya sempatkan untuk berbincang-bincang dengan salah satu perkerja, pekerja tersebut juga berkata kalau kali pesanggrahan ini sudah banyak sekali mengalami perubahan dari dulu hingga sekarang. Kali pesanggrahan kini sudah bersih dari sampah dan bantaran kalinya juga sudah mulai tertata rapih. Setelah berbincang-bincang dengan petugaas kebersihan DKI Jakarta saya juga bertemu dengan bapak camat. Bapak camat juga berkata kalau kali pesanggrahan ini sudah lebih bagus dan lebih tertata rapih. Tidak hanya itu saja, bapak camat juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak lagi membuang sampah ke kali pesanggrahan ataupun disembarang tempat, Karena kali adalah tempat hidupnya biota air dan dapat memperindah kota.

 

Selanjutnya setelah saya liputan di kali pesanggrahan, beberapa hari kemudian setelah reporting plan saya tentang tanggul muara kamal di acc, saya langsung menyempatkan waktu ditengah menumpuknya tugas matakuliah lain dan dengan dealine tugas yang sangat mepet akhirnya saya bisa tiba di muara kamal. Setelah tiba di muara kamal saya sempat ragu untuk meliput apalagi untuk menggali informasi dari berbagai warga, karena saya tidak biasa untuk meliput di daerah asing apalagi di daerah pesisir. Akhirnya saya beranikan diri untuk tetap menggambil gambar disekitar muara kamal.

IMG_1729

IMG_1477

IMG_1792

Saat pertama kali tiba di daerah muara kamal waktu itu air laut sedang pasang, sehingga sebagian jalan dan rumah warga terendam oleh banjir rob akibat air laut yang masuk ke pemukiman warga. Saya mulai mengamati daerah sekitar dan menggali informasi tentang keadaan muara kamal dari zaman dulu hingga sekarang sebelum ada tanggul dan sesudah ada tanggul. Warga memberikan respon positif terhadap adanya pembangunan tanggul di muara kamal, karena dengan adanya pembangunan tanggul di muara kamal air laut sudah berkurang yang masuk kerumah warga.

IMG_1538

IMG_1574

IMG_1577

IMG_1592

IMG_1611

Meskipun demikian masih ada saja air laut yang masuk ke pemukiman warga saat air laut sedang pasang, karena pekerjaan tanggul masih belum sepenuhnya rampunng. Disana saya mewawancarai warga dan juga para pekerja proyek pembangunan tanggul muara kamal. Dan akhirnya saya dapat berbaur dengan warga sekitar untuk sekedar berbincang-bincang dan mencari informasi lebih mengenai pembangunan tanggul muara kamal

IMG_1553

IMG_1658

IMG_1549

Begitulah perjalanan saya dalam mengerjakan tugas mencari berita dalam jurnalistik online, banyak sekali suka dan duka yang saya alami. Perjalanan yang saya lalui tidak selalu mulus karena tugas ini mempunyai deadline yang sangat singkat dan juga deadline tugas yang banyak dari berbagai mata kuliah yang lain membuat perjalanan mengerjakan tugas jurnalisitik online ini mempunyai sensasi tersendiri, dan juga tentunya saya tidak hanya sekali kembali ke lapangan. Untuk kali pesanggrahan sendiri saya dua kali ke lapangan dan untuk muara kamal saya sampai tiga kali ke lapangan, karena banyak revisi yang diberikan sehingga mengharuskan saya kembali ke lapangan untuk lipugan kembali. Dengan demikian tugas mencari berita dalam mata kuliah jurnalisitik online ini memberikan saya gambaran bagaimana dunia pekerjaan yang sebenarnya yang akan saya alami kedepannya, tugas ini juga mengjarkan saya untuk tepat waktu dalam mengerjakan tugas , serta mengajarkan saya untuk berani keluar mencari berita dimanapun itu, dan juga mengajarkan saya untuk selalu ikhlas menjalani setiap pekerjaan atau tugas yang diberikan. terimakasih Mas Buyung atas ilmu yang diberikan selama ini 🙂

 

gambar landscape di pinggir tanggul muara kamal
Senin, 8 November 2019
seorang nelayan sedang memantau kondisi cuaca
Senin, 8 November 2019

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.