Jumud

Foto adalah dapur pembuatan #garam #tradisional rumahan yang berada di salah satu desa di pulau #timor #saltimore

#Sikap tertutup dan #statis#mandeg dan enggan mengapresiasi #pikiran baru yang baik dan bermanfaat bagi manusia dan kemanusiaan hanya karena dan demi mempertahankan #tradisi tidak saja akan melahirkan #masyarakat yang kontraproduktif dan semakin tertinggal, namun bisa hingga menciptakan #depresi #sosial yang semakin menumpuk dan menyimpan #magma #emosi yang bisa meletus sewaktu-waktu.

Imam Syihab al-Din al-Qarafi (w.1285 M), ahli #hukum besar dalam #mazhab #Maliki, dalam bukunya yang terkenal, al-Furuq #alfuruq, menyampaikan:

“Manakala tradisi telah terbarui, ambillah; jika ia digugurkan (dibatalkan), gugurkanlah (batalkan). Janganlah kamu bersikap kaku terhadap sumber-sumber tertulis dalam buku-bukumu sepanjang hidupmu. Jika ada seseorang datang kepadamu dari negeri lain dengan maksud meminta fatwa kepadamu, janganlah kamu sampaikan fatwa berdasarkan tradisi negerimu. Bertanyalah lebih dulu tentang tradisinya, dan berikanlah #fatwa berdasarkan tradisinya, bukan tradisimu dan bukan pula menurut yang ada di buku-bukumu. Ini adalah cara yang benar dan jelas. Bersikap #jumud terhadap nukilan-nukilan selamanya adalah adalah  #kesesatan  dalam  #agama  dan  #kebodohan  akan  #ulama kaum #muslimin dan para salaf terdahulu. 

(al-Qarafi, al-Furuq, I/176-177).

 #tetapbergerak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.