Bumbu Giling

Penjual bumbu giling di sebuah pasar di kawasan Tangerang

Membeli aneka bumbu giling di pasar, mulai dari cabai, bawang merah, bawang putih, kemiri, hingga racikan bumbu dasar putih/kuning/merah bisa jadi untuk kita (iya saya dan anda, maksudnya) yang tidak pernah belajar membuat bumbu masakan 😄

Nah, walau begitu adanya kekurangan kita, bukan berarti kita pasrah menganggap bumbu giling tersebut aman dan sehat seratus persen.

Nah, tips dari senior editor https://resepkoki.id Mbak Atsarina Luthfiyyah dapat memberikan rasa aman dari ketidaktahuan akan adanya #bahanpewarna dan #pengawetberbahaya saat membeli #bumbugiling

Silakan disimak gaess, walau tetap susah untuk saya yang buta bumbu

1. Kenali Bumbu dan Sesuaikan dengan Masakan

Ada banyak bahan makanan yang dijadikan bumbu giling seperti #cabemerah, #bawangputih, dan #kunyit. Agar bisa digunakan untuk berbagai masakan, anda bisa membeli #bumbu #giling dasar secara terpisah, misalnya bawang merah saja, bawang putih saja, kunyit saja, atau cabai merah saja.

Agar lebih praktis supaya tidak perlu menakar lagi bumbu giling saat memasak, anda bisa beli #racikan bumbu khusus masakan tertentu, seperti racikan #bumbudasarputih untuk memasak #opor atau #semur, #bumbudasarkuning untuk memasak #ayamungkep atau #pepes, dan #bumbudasarmerah untuk memasak #balado atau #sambalgoreng.

2. Pastikan Warna Bumbu Tidak Mencolok

Saat membeli bumbu giling, perhatikan warnanya baik-baik. Pilih bumbu giling yang memiliki warna yang tidak terlalu mencolok dan mendekati warna asli dari bahan bumbu tersebut.  Misalnya warna cabai merah pasti berwarna merah khas cabai namun tidak terlalu terang. Begitu juga warna kunyit yang berwarna kuning agak redup bukan kuning neon atau terang.

Bumbu yang memiliki warna terlalu mencolok atau terang dikhawatirkan sudah dicampur pewarna berbahaya seperti #pewarnatekstil. Anda juga sebaiknya tidak memilih bumbu yang warnanya terlalu pekat karena biasanya bumbu tersebut berasal dari bahan yang sudah hampir atau bahkan busuk.

3. Cium Aroma Bumbu

Bumbu giling yang berkualitas selalu terbuat dari bahan yang segar dan menghasilkan #aroma yang segar pula. Sebelum anda membeli bumbu giling, cium aromanya dan pastikan tidak berbau #asam, #busuk, #tengik ataupun bau #bahan #kimia.

Pilih bumbu giling yang aromanya paling mendekati bahan aslinya. Jika tercium bau yang tidak khas dan kurang jelas/tajam dari bahan asli, bisa jadi bumbu tersebut digiling dari alat yang tidak bersih atau bahan yang kurang segar.

4. Simpan di Kulkas

Setelah dibeli, masukkan bumbu giling di wadah #kedapudara yang #bersih dan #kering. Simpan wadah bumbu di #kulkas agar tidak cepat #basi. Jika bumbu giling terlihat masih segar meskipun sudah disimpan lebih dari seminggu lamanya, anda juga harus waspada. Ada kemungkinan bumbu tersebut sudah dicampur bahan pengawet sehingga lebih baik anda membuangnya.

Jangan lupa untuk selalu mengurangi takaran garam pada masakan yang menggunakan bumbu giling racikan ini. Biasanya pedagang akan menambahkan garam pada bumbunya sebagai pengawet alami sehingga lebih tahan lama. Kalau saya biasanya selalu mencicipi dulu seberapa asin bumbu giling yang dibeli agar hasil masakan tidak keasinan.

Demikian dan #tetapbergerak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.