Review Film Rudy Habibie

Rudy Habibie ialah film yang menceritakan tentang kisah hidup Habibie sebelum menikah dengan Ainun. Film ini berfokus kepada perjuangan pendidikan habibie ketika ia sekolah perguruan tinggi di Aachen, Jerman.

Awal film dimulai ketika Rudy Habibie masih kecil di Parepare, Sulawesi. Yang mana disaat kecil Rudy Habibie ingin mempunyai cita-cita membuat pesawat, dalam cerita tersebut Rudy Habibie tinggal didaerah yang masih banyak peperangan, sering kali serangan datang menggunakan serangan udara. Dalam serangan tersebut terlihat efek audio ledakan dan visual serangan yang sangat memukau untuk di tonton.

Ketika Rudy sudah menjadi dewasa, dan ia tiba di Aachen untuk mengikuti tes masuk Universitas di Jerman. Ternyata banyak beberapa teman Rudy yang bertemu di Universitas Jerman, mereka merupakan penerima beasiswa pemerintah, kecuali Rudy sendiri yang dibiayai oleh ibunya sendiri.

Sebagai mahasiswa swasta, Rudy sering mendapatkan bully’an dari sekumpulan mahasiswa ikatan dinas alias Laskar Pelajar. Mereka selalu merendahkan atau meremehkan kepintaran Rudy.

Rudy juga mempunyai kenalan perempuan yang mana akhirnya Rudy menjalin kisah cinta (drama) dengan perempuan yang bernama Ilona Lanovsa, begitu sangat indah kisah cinta mereka berdua, yang pada akhirnya mereka berdua harus berpisah karna Ilona tidak bisa ikut dengan Rudy untuk tinggal di Indonesia.

Di film ini banyak kejadian bersejarah yang Rudy lakukan di Jerman, yaitu Rudy ingin membuat organisasi PPI Aachen, atau saat ia ingin memperjuangkan jalannya seminar pembangunan bagi seluruh mahasiswa Indonesia di Eropa. Berkali-kali Rudy berseteru dengan pihak pemerintah. Pada akhirnya Rudy gagal karna itu akan menjadi ancaman pemerintahan Jerman, Rudy pun mendapatkan tawaran dari pemerintah Jerman untuk ikut bekerjasama di pemerintahan tersebut.

Sosok Rudy Habibie dalam film ini adalah seorang yang sangat jenius dan sempurna. Ketika ia diremehkan dan ditantang, kemudian Rudy menerima tantangan tersebut, hal hasil Rudy yang memenangkan dan membuat orang yang meremehkan menjadi melongo (bingung) melihat ke jeniusan Rudy.

Di Jerman Rudy selalu rajin shalat dan bertakwa kepada Tuhan. Masalah yang dihadapinya Rudy selalu sabar menghadapinya, seperti kekurangan uang, kelaparan, atau pun sakit. Dengan begitu Rudy selalu kuat dalam masalah yang ada di Jerman.

Pesan moral dari film Rudy Habibie ialah ketika Rudy yang ingin membangun Indonesia menjadi lebih baik, melakukan perjuangan untuk Indonesia, membuat kita termotivasi atas perjuangan Rudy yang selama ini dilakukan karna sangat mencintai tanah air.

Film ini bermaksud untuk mengungkap sisi seorang Rudy Habibie yang lebih manusiawi dan cinta pada tanah air sendiri agar penonton dapat memahami dan dapat dicerna oleh semua kalangan. Dengan cerita yang bebobot membuat kita termotivasi akan film tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.