One Precious Step

“The Journey of a thousand miles begins with one step”

-Lao Tzu-

Quote tersebut memaknai bahwa satu langkah awal selalu memberikan makna terbaik pada setiap perjalanan. Karena perjalanan tak akan pernah terjadi tanpa adanya satu langkah pertama yang dimulai. Tiap kali membaca quote tersebut seolah saya langsung tersadar bahwa untuk melangkah lebih jauh, dan memulai perjalanan baru saya harus memulai dengan satu langkah awal yang akan membuka langkah-langkah berikutnya.

Saya teringat bahwa banyak orang yang memiliki banyak capaian dalam kehidupannya, namun mereka enggan memulai langkah pertama untuk memulai perjalanannya karena terlalu khawatir dan diselimuti rasa takut, kemudian jadilah capaian tersebut hanya sebagai angan-angan saja dalam fikirannya. Seperti halnya saat membaca sebuah buku, seseorang tidak akan pernah menyelesaikan bacaannya tanpa memulai membaca dari halaman pertama bukunya sebelum melanjutkan ke lembar lembar berikutnya. Semua hal dimulai dengan tahap awal, yaitu langkah pertama.

Tergugahlah saya bahwa langkah pertama adalah langkah paling berharga. Karena tanpa langkah awal yang dimulai, tak akan ada ribuan perjalanan bermakna dalam hidup saya yang selesai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.