Perfection Belongs To God Only

“different isn’t bad, its just not the same”

-Lucy Maud Montgomery-

QUOTE diatas adalah makna dari sebuah film “Anne with an E” yang diangkat dari novel “Anne of Green Gables”. Anne Shirley pemeran utama pada film tersebut adalah seorang gadis yatim piatu yang diurus oleh panti asuhan disana, pada umur 11 tahun Anne diadopsi oleh keluarga Cuthbert.

Awalnya seorang laki-laki anak keluarga Cuthbert sedang mengurus ladang milik keluarganya, namun sebuah kekeliruan terjadi hingga akhirnya mereka tak sampai hati memulangkan Anne kembali ke panti asuhan.

Pada saat itu, menikah bagi perempuan berarti menyerahkan segala hidupnya kepada sang suami. Belum lagi tidak adanya kebebasan untuk menikah karena cinta. Para perempuan hanyalah mahar yang akan ditukar dengan keluarga yang lebih kaya..

Anne berpendapat bahwa ia, perempuan, juga bebas memilih dan menentukan pilihan. Ia, perempuan, juga memiliki mimpi yang pantas diperjuangkan. Menikah seharusnya setara dan saling bermitra, bukan mengorbankan hasrat dan impian sang perempuan. Episode berjudul “The Summit of My Desires” mengisahkan bagaimana salah satu kawan sekolah Anne yang dilecehkan secara seksual oleh tunangannya. Alih-alih menyalahkan sang pelaku, orang-orang di sekitar malah menyalahkan sang korban.

Serial Anne with an E dibalut kisah tambahan yang cukup berbeda dengan versi novel, dengan menambahkan karakter orang kulit hitam, LGBTQ+ dan masyarakat suku asli Amerika Serikat yang sering diperlakukan tidak adil.

Serial Netflix “Anne with an E”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.