Dare To Fail

“Only those who dare to fail greatly can ever achieve greatly”

-Robert F. Kennedy-

Quote diatas adalah salah satu favorit saya. Saya menemukan kutipan tersebut ketika saya sedang berada di titik lelah dan bahkan hampir menyerah karena seringnya merasa gagal dalam melakukan suatu hal.

Apapun yang saya lakukan hasilnya selalu mengecewakan dan tidak sesuai dengan ekspektasi yang dibayangkan. Bahkan saya sempat membayangkan bahwa hari-hari buruk yang sedang saya lalui dulu akan berlangsung selamanya.

Tetapi setelah menemukan kutipan tersebut dan mencoba memahami maknanya, maka saya jadi paham bahwa ternyata gagal bukan suatu hal fatal yang harus ditakuti. Justru dengan berani gagal, kita dapat mencapai banyak hal.

Kebanyakan dari kita menganggap kegagalan seolah-olah seperti pukulan telak mematikan, yang seringkali membuat kita menjadi tidak percaya diri dan semakin terpuruk. Namun percayalah, bahwa itu semua terjadi karena kita belum menyadari bahwa jalan kesuksesan hanya bisa kita dapatkan ketika kita sudah pernah mengalami kegagalan.

Tidak ada pencapaian tanpa hambatan dan kendala. Dan mulai saat itu saya mengubah pandangan terhadap sebuah kegagalan. Gagal adalah sebuah pembelajaran. Semakin banyak gagal, seharusnya semakin tinggi pencapaian saya nantinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.