[Review] Film Zootopia

Zootopia merupakan film yang dikeluarkan oleh disney pada tahun 2016. Film ini menceritakan tentang kehidupan hewan, di mana leluhur mereka telah memecahkan masalah yang sangat rumit. Dikarenakan hukum alam tepatnya penyetaraan antara hewan pemangsa dan hewan yang dimangsa. Dengan kata lain film Zootopia menceritakan tentang rantai makanan pada hewan, kemudian leluhur mereka mengubah itu semua sehingga rantai makanan itu tidak berlaku lagi dan mereka semua hidup damai, aman, dan tentram. Konflik film ini juga banyak konspirasi atau sejarah, dimana dalam cerita hewan pemangsa dituduh kembali menjadi liar dan memangsa hewan hewan yang lemah sehingga memecah belah perjanjian yang telah dibuat oleh leluhur mereka pada jaman dahulu.

Seekor kelinci bernama Judy Hopps merupakan tokoh utama dalam film tersebut. Kelinci itu memiliki cita-cita sebagai polisi sedari kecil. Judy Hopps merupakan sosok kelinci yang tidak mudah menyerah dan selalu bertekad untuk bisa menjadi polisi di kota Metropolis Zootopia. Usaha tidak mengkhianati hasil, setelah Judy lolos tes akademi kepolisian, tidak membuat ia puas dengan hasilnya. Ternyata Judy diremehkan oleh rekan kerjanya, yang dimana ia hanya ditugaskan sebagai polisi penilang parkir dipinggir jalan.

Suatu hari Judy menerima kasus misterius menghilangnya para tahanan, yang dimana Judy hanya diberi waktu 48 jam, jika Judy gagal dalam menangani kasus tersebut ia harus mundur dari karir kepolisiannya. Judy mencari informasi kepada seorang rubah yang bernama Nick Wilde. Mencari informasi pun dimulai dengan mereka menghampiri seekor kukang yang bernama Flash, kukang ini menarik perhatian penonton karena sifatnya yang lambat.

Kebersamaan mereka membuat kerja sama yang tidak mengkhianati hasil, mereka akhirnya bisa mengusut mengapa hewan karnivora atau hewan pemangsa menghilang. Awalnya mereka menduga para hewan karnivora atau pemangsa diculik oleh seekor singa untuk dijadikan eksperimen. Ternyata dugaan mereka salah, justru seekor singa memenjarakan hewan tersebut karena mereka sudah terinfeksi zat yang sangat berbahaya, yang dimana itu ulah sekretaris kepolisian yang ingin mengambil alih kekuasaan Zootopia untuk mengangkat kaum herbivora. Setelah memecahkan masalah bersama, kini Nick Wilde diangkat menjadi rekan kerja Judy Hopps.

Melihat sosok Judy Hopps yang sangat menginspirasi bagi kalangan remaja karena memiliki tekad yang tinggi dan memiliki sifat yang tidak mudah menyerah. Menurut saya film ini cocok diberi rating 9/10, film Zootopia ini wajib ditonton untuk semua kalangan dari kalangan anak-anak, remaja dan orang tua. Film tersebut menghadirkan pesan tersirat mulai dari tenggang rasa, sosial, cinta dan kekeluargaan. Mengingat didunia nyata masih ada diskriminasi antar ras dan sifat meremehkan kemampuan orang lain. Mari kita menjauhi sifat diskriminasi dan saling bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.