[Review Film] Dibawah Umur

Film ini release pada tanggal 13 november 2020, film ini diadaptasi dari sebuah novel karya Eriska Febriyani, film ini menceritakan tentang pertemuan antara Aryo (Angga Yunanda) dan Lana (Yoriko Angeline). Aryo merupakan seorang pria tampan dan juga popular disekolah yang sering membuat onar, dia sering berkelahi dengan rival dan juga mantan sahabatnya yang bernama Kevin (Naufal Samudra). Sedangkan, Lana merupakan siswi pindahan yang berparas cantik dan dia adalah saudara dari Kevin.

Secara garis besar, film ini mempunyai tiga konflik yang disajikan didalamnya. Pertama yaitu konflik antara Aryo dan Kevin, dimana alasan perseteruan mereka disembunyikan hingga akhir film untuk mengungkap konflik yang terjadi dan juga sebagai Plot Twist di akhir film. Kedua, adalah upaya Aryo mendekati Lana yang baru pindah ke sekolahnya. Ketiga, adalah konflik Aryo dilarang berpacaran oleh Ibunya yang alasannya ternyata mengungkapkan bahwa Aryo bukanlah anak kandung dari Ibunya, melainkan anak dari perempuan dibawah umur yang muncul pada scene awal dari film tersebut. Adegan pengungkapan ini tak terduga menghasilkan drama yang cukup mengharukan dan menjadi salah satu plot twist dari film ini.

 kata “hamil di luar nikah” adalah kata yang mungkin jadi ide awal dari film ini. Semua diperjelas dengan adegan-adegan berbau seks bebas yang dipertontonkan. Mulai dari temannya Aryo yang beli kondom di minimarket, Kevin yang menyewa pelacur di pinggir jalan, Kevin yang menyawer penari striptis, juga Marsya (Shenina Cinnamon) dan Kevin yang berhubungan badan di kamar mandi sekolah.

Maksud dan tujuan film ini sebenarnya baik, yaitu memberikan edukasi kepada banyak remaja terhadap bahayanya pergaulan bebas diusia remaja. Meski nyatanya film ini malah berada dibawah bayang-bayang film Dua Garis Biru. Film ini juga bertujuan untuk menjaga komunikasi dengan baik. Seperti, kisah Aryo dan Kevin yang berseteru hanya karena salah paham diantara mereka. Film ini juga memiliki tujuan untuk pintar memilih teman, jangan sampai memilih teman yang akhirnya membawa pengaruh buruk dalam hidup kita. Dan terakhir mengingatkan kita tentang dampak hamil di luar nikah terhadap keterunannya di masa depan, dimana kejadian tersebut tidak dapat diulang kembali dan diperbaiki.

Jika ingin menonton film untuk hiburan dan karena keromantisannya mungkin film Dibawah Umur ini cocok untuk kalian tonton, tetapi jika ingin mengambil dari segi nilai moralnya kalian mungkin bisa mencari film lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.